Informasi Terbaru

Manfaat Bayar Pajak dan Cara Bayar Pajak Melalui Mbangking

Cara bayar pbb online

Lili Marsh – Pembayaran Pajak Bumi dan Bagunan saat ini sudah jauh lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Cara bayar pbb online ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara misalnya melalu ATM dari bank yang Anda miliki atau bisa juga melalui ecommerce, dan bisa juga melalui m-bangking.

PBB ini merupakan salah satu jenis pajak yang harus Anda bayarkan jika punya tanah atau berupa bagunan, hal ini berlaku untuk individu atau untuk instasi. Tanah atau bagunan yang mengharuskan bayar pajak adalah yang bisa memberikan manfaat, status ekonomi, dan bisa memberikan Anda keuntungan.

Sedangkan untuk berbagai bangunan yang di gunakan secara umum misalnya tempat ibadah, sekolah, tempat pemakamana, tempat tersebut ridak termasuk kedalam pajak PBB. Semua aturan tersebut ada dalam UU no 12 tahun 1985 yang membahas mengenai Pajak bumi dan bangunan. Lalu UU tadi di ubah dengan UU no 12 tahun 1994.

Bagi Anda yang memiliki tanah dan bagunan lalu telat membayar Anda akan dikenakan denda. Seiring dengan perkembangannya PBB untuk daerah pedesaan ini kemudian di atur dalam UU No. 28 tahun 2009 mengenai pajak daerah dan juga retribusi daerah dalam Pasal 77 sampai Pasal 84 tahun 2010.

Pembayaran PBB online melalui Mbangking

Cara bayar pbb online

  • M-banking BCA

  1. Bukalah aplikasi BCA mobile
  2. Lalu pilih menu “Pembayaran”
  3. Kemudian pilih menu “MPN atau Pajak”
  4. Pilih menu PBB dan masukan nomor untuk objek pajaknya
  5. Jika sudah nanti akan muncul konfirmasi dan pilihan nominal pajan yang harus Anda bayar
  6. pilih “Ya” untuk melanjutkan pembayaran
  • M-banking BNI

  1. Bukalah aplikasi BNI mobile
  2. Pilihlah menu “Pembayaran”
  3. Kemudian klik menu “Pajak”
  4. Klik lagi menu “PBB”
  5. Masukan rekening debet kemudian masukan juga tahun pajak dan nomor objek
  6. Lalu akan terlihat berapa nominal yang harus anda bayar, jika sudah sesuai tinggal klik lanjutkan dan masukan pin Anda untuk transaksi.
  7. Proses pembayaran telah selesai
  • M-banking Mandiri

  1. Bukalah aplikasi Mandiri mobile
  2. Pilihla menu “Pembayaran” kemudian klik menu “PBB”
  3. Jika sudah masukanlah tahun dan juga nomer dari objek pajak
  4. Jika sudah muncul nominal maka segera selesaikan pembayarannya.

Jika kita bahas secara umum fungsi membayar pajak ini adalah:

Fungsi Budgeter

Pajak ini berfungsi untuk membiayai berbagai pembangunan nasional dan juga pengeluaran negara yang lain. pajak ini adalah salah satu pendapatan negara yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan pengeluaran dari negara dengan pendapatan yang didapatkan oleh negara.

Fungsi Regulasi

Pajak ini jadi sebuah alat yang bisa mengatur kebijakan sosial dan juga ekonomi selain itu pajak juga bisa membantu untuk mengatur inflasi, memberikan proteksi dan juga perlindungan dari batang produksi, menarik investasi dan mendorong berbagai kegiatan ekspor.

Fungsi Distribusi

Pajak juga bisa berfungsi untuk mendistribusikan kesejahteraan untuk masyarakat.

Fungsi Stabilitas

Pajak juga bisa mengstabilkan kondisi ekonomi Indonesia. Contohnya dengan menaikann pajak guna mengatasi inflasi, dengan biaya pajak yang tinggi maka jumlah uang yang beredar bisa dikurangi. Saat negara mengalami kesulitan ekonom pemerintah juga akan menurunkan biaya pajak supaya ekonomi ini bisa meningkat.

Nah itu di acara bayar pajak secara online melalui mbangkin dan juga fungsi bayar pajak seccara umum, sebagai warga Indonesia yang baik jangan sampai Anda malas bayar pajak ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.