Informasi Terbaru

Jangan Panik, Begini Cara Memperbaiki Jarum Bensin Mati pada Sepeda Motor

Jarum Bensin Mati

Lili Marsh – Semua orang pasti pernah mengalami masalah pada sepeda motornya, masalah yang sering muncul adalah kehabisan bensin. Hal ini bisa terjadi apabila jarum bensin mati, jarum bensin menunjukan indikator jumlah bensin pada tangki, jarum bensin juga memiliki batas usia. Jika rusak ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Jarum Bensin Mati

Cek Penyebab Kerusakan pada Jarum Bensin

Sebelum Anda memperbaiki jarum bensin yang rusak ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu penyebab kerusakannya. Ada beberapa penyebab jarum bensin rusak atau mati seperti aki motor yang rusak.

Jarum bensin akan berfungsi apabila aki motor juga berfungsi. Periksalah aki motor dengan cara menekan tombol klakson atau tombol stater motor apabila tidak menyala segera gantilah aki motor.

Pelampung bensin yang rusak juga dapat menyebabkan timbulnya masalah ini. Jika Anda ingin memeriksa pelampung bensin Anda bisa membuka peranti besi yang terletak disebelah tutup bensin dengan obeng.

Apabila jarum bensin bergerak maka artinya tidak ada masalah pada pelampung bensin. Namun apabila jarum bensin tidak bergerak bisa jadi pelampung bensin motor Anda mengalami kerusakan.

Anda juga perlu memeriksa jalur kelistrikan dan jarum speedometer motor Anda. Jalur kelistrikan dan speedometer yang sudah rusak juga akan mempengaruhi kinerja jarum bensin sehingga jarum bensin tidak bekerja secara maksimal.

Cara Memperbaiki Kerusakan Jarum Bensin

Jika Anda mengalami masalah ini, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk memperbaikinya, Anda juga bisa membeli komponen seperti pelampung bensin di toko terdekat.

Langkah pertama bukalah tutup tangki bensin motor Anda, setelah itu lepas spi yang menahan kawat dan cabutlah kawat pelampung bensin. Perhatikan bagian lempeng tembaga yang menempel pada batang pelampung, masih menempel atau tidak.

Jika sudah tidak menempel maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara membengkokan kembali agar menempel atau dengan tenol yang disolder. Setelah itu pasang kembali kawat pelampung.

Gerakan kawat ke bawah atau ke atas, jika jarum bensin sudah bisa bergerak maka Anda sudah berhasil memperbaikinya, kemudian pasanglah kembali pelampung bensin. Namun, apabila kerusakan terjadi akibat speedometer yang rusak maka Anda perlu mengganti speedometer yang lama dengan yang baru.

Setelah Anda mengetahui penyebab kerusakan pada jarum bensin mati, itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya. Namun, jika speedometer yang rusak dan Anda ingin menggantinya Anda bisa datang ke bengkel terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *