Informasi Terbaru

5 Tanda Penting Anak Kekurangan Zat Besi

zat besi untuk anak

Lili Marsh – Defisiensi zat besi pada anak menjadi salah satu kondisi yang harus diwaspadai. Seperti diketahui bahwa zat besi memiliki peran yang sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Jika asupan zat besi untuk anak kurang dari standar normal maka ada beberapa dampak negatif yang akan terjadi.

Tanda Kurang Zat Besi

Kondisi kekurangan zat besi ini bisa ditunjukkan lewat beberapa tanda. Tentunya orang tua wajib memahami apa saja tanda-tanda tersebut sehingga bisa segera mengambil tindakan yang tepat. Berikut adalah 5 tanda kekurangan zat besi pada anak:

zat besi untuk anak

1. Terlihat Selalu Lemas dan Lelah

Anak bisa saja mengalami kekurangan zat besi ketika ia menunjukkan tanda-tanda selalu lemas dan lelah. Rasa lelah ini terjadi karena kadar zat besi rendah sehingga produksi hemoglobin menurun. Padahal hemoglobin ini akan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sebagai sumber energi.

2. BB Seret

Tanda kedua anak kekurangan zat besi adalah kondisi berat badannya sangat sulit meningkat. Masalah BB seret ini memang sangat umum dialami oleh anak-anak. Jika berat badan tidak meningkat dalam 3 bulan berturut-turut maka segera lakukan pemeriksaan dan cari tahu apakah asupan zat besi anak memang kurang atau tidak.

3. Kulit Pucat

Defisiensi zat besi juga bisa diperlihatkan dengan tanda kulit pucat. Hal ini disebabkan karena kadar hemoglobin dalam darah menurun. Akibatnya, kulit akan kehilangan rona merah dan terlihat lebih pucat. Segera berikan makanan kaya zat besi untuk anak sebagai tindakan.

4. Rewel

Anak yang kekurangan zat besi juga biasanya akan menunjukkan tanda-tanda rewel. Saat kadar zat besi di bawah normal maka anak bisa saja mengalami berbagai jenis keluhan. Sebut saja sakit kepala dan merasa sakit. Itulah mengapa mereka kemudian akan lebih rewel dari biasanya.

5. Mudah Jatuh Sakit

Zat besi punya peran penting dalam membentuk sistem pertahanan tubuh yang kuat. Ketika anak kekurangan zat besi maka daya tahan tubuhnya jadi lebih lemah dan mudah sakit. Segera konsultasikan kepada dokter jika anak sering sakit agar diperiksa apakah memang terjadi defisiensi zat besi atau tidak.

Pastikan untuk mewaspadai semua tanda ini dan segera lakukan tindakan yang tepat. Usahakan agar selalu memenuhi kebutuhan zat besi untuk anak secara optimal. Biasakan anak konsumsi makanan sehat dan berikan vitamin jika perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *