Informasi Terbaru

5 Keuntungan Sistem Common Rail untuk Kendaraan Diesel

Truk common rail FM 65 FS

Lilimarsh – Common rail ialah sistem injeksi bahan bakar pada mesin diesel modern. Menurut situs Oards, konfigurasi ini sudah sangat umum digunakan oleh kendaraan dengan mesin diesel terbaru; termasuk truk common rail FM 65 FS dari Mitsubishi Fuso. Pasalnya, teknologi dengan rel bertekanan tinggi ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kendaraan maupun pemiliknya. Memang, apa saja keuntungan dari sistem common rail untuk kendaraan dengan mesin diesel? berikut ini daftar keuntungannya:

Truk common rail FM 65 FS

1. Mengurangi tingkat emisi.

Emisi (atau kandungan gas mesin yang dibuang ke udara) kendaraan bermesin diesel seperti truk tidak bisa dibilang kecil. Hal ini terlihat ketika knalpot truk mengeluarkan asap hitam—mulai dari yang tipis hingga tebal—ketika truk dijalankan. Faktor inilah yang memicu perancangan sistem common rail oleh produsen kendaraan. Sekarang, Anda sudah jarang, kan, melihat truk niaga yang mengepulkan asap hitam dari knalpotnya? Terang saja, sebab truk-truk tersebut sudah menggunakan sistem common rail.

2. Menambah tenaga mesin.

Dikutip dari laman Oards, sejumlah riset menunjukkan kendaraan bermesin diesel dengan teknologi common rail akan menghasilkan tenaga 25% lebih banyak dibandingkan kendaraan bermesin diesel tradisional. Dengan begitu, dapat disimpulkan jika sistem termutakhir ini dapat menambah tenaga mesin kendaraan.

3. Mengurangi kebisingan.

Selain menghasilkan emisi yang tinggi, kendaraan bermesin diesel juga terkenal punya tingkat kebisingan yang cukup parah saat dikendarai. Nah, sistem common rail rupanya juga dapat mereduksi kebisingan yang dihasilkan oleh mesin diesel. Pada akhirnya, pengalaman para pengemudi kendaraan bermesin diesel ini pun akan lebih nyaman karena suara mesin kendaraan tak lagi bising.

4. Mengurangi getaran.

Kalau Anda rutin—atau setidaknya pernah—mengendarai kendaraan bermesin diesel, pasti Anda tahu betapa ‘kasar’ getaran yang dihasilkan oleh mesin tersebut. Namun, sekarang Anda tak perlu lagi khawatir bila mengendarai truk bermesin diesel yang dilengkapi dengan sistem common rail. Pasalnya, konfigurasi ini dapat mengurangi tingkat getaran dari mesin. Dengan begitu, pengalaman berkendara Anda akan lebih halus dan nyaman.

5. Meningkatkan jarak tempuh.

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, sistem common rail dapat menambah tenaga mesin hingga 25%. Hal ini berarti kendaraan dapat melaju lebih jauh dengan pengeluaran bahan bakar yang sama. Dengan begitu, jarak tempuh kendaraan dengan sistem common rail pun dapat lebih banyak meski konsumsi bahan bakar

Nah, itulah dia 5 keuntungan yang bisa Anda peroleh jika mengendarai (atau memiliki) kendaraan bermesin diesel dengan teknologi common rail. Selain bisa mengefisienkan pengeluaran Anda, sistem ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu pencegah perubahan iklim. Semoga informasi dalam artikel ini berguna untuk Anda, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *